Lanjut ke konten

Wonderful Lombok, part 1. Indonesia Bagus!

April 8, 2016

Wisata Pulau Lombok-Gili Trawangan-Gili Meno-Gili Air-Air Terjun Sendang Gile&Tiu Kelep-Pantai Kuta-Sasak village Sade

Lombok-Tourism-Map

Bagian I : Transportasi

Lombok adalah salah satu pulau tujuan wisata utama di Indonesia, dengan keindahan alam yang begitu mempesona. Mulai dari pantai yang mengelilingi Pulau Lombok, pulau-pulau kecil yang disebut ‘Gili” dan Gunung Rinjani yang sangat mendunia. Ditambah lagi dengan wisata tradisional baik kebudayaan, kesenian, kuliner dan pedesaan dengan rumah-rumah asli Lombok yang masih dipertahankan. Khusus bagi Muslim atau penyuka bangunan Masjid, Lombok terkenal dengan julukan “Island of thousand Masjid”

Anda bisa ke Lombok dengan pesawat udara langsung ke Bandara Internasional Lombok(LOP), Praya atau lewat Bali dilanjutkan dengan dengan pesawat udara atau kapal laut. Bisa juga lewat darat(Bus/Kereta) dan laut(kapal) dari Jawa-Bali-Lombok.

Berikut ini informasi transportasi dari pengalaman pribadi saya sewaktu berwisata ke Lombok pada awal April 2016 dari Jakarta :

  1. Menuju Gili Trawangan

Saya memilih naik pesawat  Jakarta – LOP Praya,  Lombok  yang hanya butuh waktu 1 jam 45 menit  saja dan setahu saya hanya ada 3 maskapai yang melayani direct flight CGK-LOP, monggo dipilih…

Setelah sampai di bandara LOP, nggak usah bingung-bingung. Pilihannya adalah:

  1. Bus DAMRI dengan rute LOP – Mataram – Senggigi  dan LOP – Terminal Pancor, Lombok Timur.
  2. Taksi bagi yang wisata ala koper
  3. Rental Mobil atau Sepeda motor, anda bisa minta mobil/motor nya diantar ke Bandara dengan harga perlu di ‘nego’
  4. Jangan nyari angkot or ojeg ya….bakalan “mlongo”… hehehe

Karena sesuai itinerary saya hari pertama dan kedua ingin menikmati wisata di Gili Trawangan dan sekitarnya, maka begitu keluar pintu kedatangan langsung memilih beli tiket bus Damri tujuan Senggigi. Rute bus ini adalah LOP menuju Terminal  Mandalika Mataram lanjut ke Senggigi. Tidak perlu nunggu waktu yang begitu lama, bus mulai bergerak meninggalkan area bandara menuju Mataram. Jalanan mulus dan sangat lancar dan sekitar 1 jam sampailah di Mandalika Mataram, sebagian besar penumpang turun di sini dan hanya beberapa orang lagi yang lanjut menuju arah Senggigi. Saya turun di pos terakhir  Damri Senggigi di depan pasar Seni.

Damri

Pos Damri Senggigi

Trus dari sini gimana..?

Untuk menyebrang ke Gili Trawangan, maka anda harus menuju pelabuhan Bangsal atau dengan fast boat dari Senggigi (tinggal datangi saja travel2 yang ada).  Cara yang relative  murah dan cepat adalah naik Taksi Senggigi – Bangsal.  Ada 2 jenis Taksi, yaitu taksi yang resmi seperti Blue Bird dkk atau Mobil pribadi sekelas MVP yang mangkal di sekitar pos Damri, begitu anda turun dari bus…akan ada yang nawari transportasi ke pelabuhan Bangsal.

Jika anda sendiri dan/ berdua dan ingin berpetualang, silahkan sewa motor saja dan nanti bisa dititipkan di Bangsal. Saya(kami ber 3) memilih naik Taksi BB dengan argo yang lebih menyakinkan??

Taksi tidak boleh sampai dermaga Bangsal, pilihannya hanya jalan kaki atau naik Cidomo. Yahh.. buat berbagi dan melestarikan alat transportasi lokal, saya pilih naik Cidomo. Buat yang ingin olah raga dan tentunya ngirittt…silahkan jalan kaki.

Cidomo

Cidomo, Pelabuhan Bangsal

Setelah tiba di Pelabuhan Bangsal, di sebelah kiri ada sebuah bangunan yaitu Ticket office dan ruang tunggu. Dari sini anda bisa menuju ke  Trio Gili yang sangat terkenal seantero dunia yaitu : Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan.

Ada beberapa pilihan kapal untuk menyebrang ke 3 Gili tersebut : Speed boat, Shuttle boat, Charter boat dengan time schedule yang sudah ditentukan dan Public boat dengan ketentuan kapal akan jalan jika jumlah penumpang sudah terpenuhi (20 orang?). Yang jelas harga tiket Public boat jauh lebih murah!

DermagaBangsal

Dermaga Bangsal

Sesampainya di Gili yang di tuju, alat transportasi yang ada adalah : Cidomo, Sepeda onthel dan…ada yang gratis yaitu kaki kita sendiri.

Sepeda

Sepeda1

Siap keliling Gili

  1. Transportasi Wisata di Pulau Lombok

Untuk meng”explore” pulau Lombok, sepengamatan saya hampir tidak ada angkot, bis kota atau public transportation lain yang berseliweran di jalanan kecuali Taksi dan Cidomo. Ada sih…angkutan pedesaan dan semacam Elf/Engkel yang terlihat ketika saya melewati  jalur Bangsal – Senaru, itupun sangat jarang sekali….

Tergantung kebutuhan dan seberapa banyak tempat-tempat yang anda ingin kunjungi di pulau Lombok ini, pilihan alat transportasinya :

  1. Taksi
  2. Rental Mobil dengan driver, no. 1&2 ini anda tinggal duduk manis, pastinya harus berkantong tebel!
  3. Rental Mobil tanpa sopir (istilahnya lepas kunci)
  4. Rental Motor

Saya memilih rental sebuah mobil untuk 2 x 24 jam lepas kunci, jadi seperti punya mobil sendiri saja, mau ke mana? jam berapa? Sama siapa….ya terserah anda. Kebanyakan rental mobil harus sepaket dengan drivernya, hanya ada beberapa saja yang bisa kasih lepas kunci. Mobil yang saya sewa kemarin kantornya ada di Senggigi, tapi saya suruh antar ke dermaga Bangsal dengan tambahan biaya untuk mengantarnya.

Catatan Penting : Baca Terms & Conditions, cek fisik kendaraan untuk rental mobil/motor yaaa sebelum deal!

 

SEMOGA BISA MEMBANTU BUAT ANDA YANG MAU WISATA KE LOMBOK

 

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan komentar