Lanjut ke konten

Wonderful Lombok, part 2. Indonesia Bagus!

April 15, 2016

Wisata Pulau Lombok-Gili Trawangan-Gili Meno-Gili Air-Bukit Malimbu-Air Terjun Sendang Gile&Tiu Kelep-Masjid Wetutelu-Taman Mayura-Pantai Kuta-Sasak village Sade.

gilitrawangan.jpggilewaterfall.jpg
Bagian 2 : Aneka Obyek Wisata Alam
Banyak sekali lokasi wisata di pulau Lombok, mulai dari pantai, pulau-pulau kecil yang disebut gili, wisata laut-darat-pegunungan, wisata budaya, wisata religi dan tak kalah menariknya wisata kuliner…dijamin maknyuuusss.
Total perjalanan saya ke Lombok kemarin adalah 4 hari 3 malam, termasuk perjalanan dari dan kembali ke Jakarta. Dengan mengambil penerbangan pertama dari CGK jam 05.00 WIB dan penerbangan terakhir dari LOP jam 20.30 WITA.
Day 1: Bekasi-CGK-LOP-Senggigi-Gili Trawangan
Hari pertama jam 08.00 tiba di bandar udara internasional Lombok, kita bisa langsung berwisata di sekitar bandara ini, minimal foto-foto dulu dengan latar belakang Gedung Bandar Udara Internasional Lombok.

Bandara_1
Dengan berbekal “Tourist map” Lombok, tanpa melakukan booking penginapan…pastinya tidak lupa identitas “sebuah backpack”, saya meninggalkan Bandara naik bus Damri dengan rute LOP-Mataram-Senggigi dilanjutkan ke Dermaga Bangsal dengan Taksi+Cidomo. Tujuan utama hari pertama adalah Gili Trawangan.
Dari dermaga Bangsal terlihat 3 pulau kecil berjejer yang cukup dekat…itulah Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan. Karena waktu juga belum tengah hari, awalnya saya ingin nyebrang dulu ke Gili Air yang paling dekat dengan Bangsal kemudian baru lanjut ke Gili Trawangan untuk menginap semalam di sana, tapi setelah mikir-mikir…utamanya bujet mepet…hehehe. Saya putuskan langsung beli tiket kapal ke Gili Trawangan saja, toh sore or esok pagi pingin ikut ‘snorkeling trip’ yang salah satunya mampir ke Gili Air.
Hari itu adalah hari Minggu, meskipun bukan long weekend atau musim liburan, tapi suasana tidak sepiii pun tidak terlalu ramai juga…inilah yang saya harapkan. Saya memilih beli tiket “public boat” tujuan gili Trawangan dengan harga Rp. 15000 untuk kapal + Rp. 2500 untuk pelayanan Terminal Pelabuhan, padahal untuk public boat naiknya tuh gak lewat jetty tapi harus nyeker lewat pasir/air pantai! siap-siap basah ya…jika pakai celana panjang.DermagaBangsal1

Welcome to the party Island, Gili Trawangan

GiliT1
Ada apa sih…jauh-jauh ke Gili Trawangan?? Kalau anda mabuk naik kapal, gak suka pantai, males gowes sepeda, gak bisa snorkeling or diving, ogah jalan kaki…etc. Stop! Jangan ke sini ya….xixixi. Saya sangat menikmati pantainya yang berpasir putih lembut, gowes sepeda keliling Gili Trawangan, melihat tanda-tanda kekuasaanNYA dengan sun rise & sun set di pulau mungil ini, snorkeling trip ke tiga Gili dan mesti di coba kulinernya…apalagi pas malam hari di sekitar pasar seni Trawangan, mantappp!
Gowes keliling Trawangan

spdpanatai

spdpagi

terpaksa ttb…/bs

spdkembar

Berdua…/bs

spdpasirspdble

 

Mantai…biar tambah manis

mantaimantai1

Sunset point

sunset

sunsetspd.jpg

nunggu matahari tenggelam…/bs

 

 

Semalam di Trawangan

malamgiliT1

 

Day 2 : Gili Trawangan, Snorkeling to 3 Gili, Gili Air-Bangsal-Bukit Malimbu-Batu Bolong-Mataram.
Bagi anda yang beragama, adalah sudah seharusnya Bersyukur kepadaNYA atas segala nikmat yang telah diberikan, saya mengawali pagi di Gili Trawangan dengan subuhan di masjid Agung Gili Trawangan untuk mendekat dan berdoa.

masjidgiliT
Selanjutnya dengan gowes sepeda menuju ke dermaga/jetty dan menantikan munculnya sinar matahari dari balik pegunungan daratan pulau Lombok.

sunrisedermaga

mancing…./bs

sunrise1

pegunungan pulau Lombok…/bs

sunrise3

sun rises…/bs

Kurang sempurna jalan-jalan ke Gili Trawangan, jika anda tidak menikwati keindahan alam bawah lautnya. Bisa ikut paket snorkeling trip atau diving yang banyak ditawarkan di sepanjang jalan utama atau sekitar pasar seni. Saya ambil paket snorkeling trip to 3 Gilis waktu pagi hari dengan ongkos @Rp. 100.000,-

20160404_043107.jpg
Fakta bahwa wisatawan domestik menjadi minoritas saat saya mengikuti snorkeling trip ini, dari 40 an orang rombongan saya, kebanyakan londo-londo dari Eropa dan Australia…dan untuk asia hanya ada 3 warga Malaysia.

IMG_3950

menuju turtle point

snorkel1snorkel4

Sayang…di turtle point kondisinya sudah tidak bagus, masalahnya juga tidak menemukan adanya Turtle di lokasi itu?? Mungkin karena banyak dan seringnya kapal-kapal dan wisatawan di situ kali ya…jadi kura/penyu nya pada takut! Hiii..atutttt

snorkel7

snorkel6

snorkeling gili…/bs

 

snorkel3

snorkeling gili…/bs

Jika ikut snorkeling trip pagi hari, anda akan diajak singgah di Gili Air untuk makan siang dulu sebelum melanjutkan ke Garden fish point dan kembali ke Gili Trawangan. Saya memutuskan untuk tidak ikut kembali ke Gili Trawangan dan turun di Gili Air saja. Jadi jika malamya anda menginap di Trawangan, harus check out dulu dan bawa backpacknya sekalian sewaktu naik kapal untuk snorkeling trip ini. Tapi kayaknya ribet ya…kalau bawa-bawa koper dan tas yang guedeee?

giliA

Jika anda memutuskan turun di Gili Air, bisa jalan-jalan dulu di sini atau bahkan menginap lagi Gili Air atau bisa melanjutkan perjalanan kembali ke Bangsal yang jaraknya lebih dekat dan tentunya ongkos kapalnya lebih murah, hanya Rp. 12.000.
Saya hanya sebentar di Gili Air dan langsung beli tiket kapal untuk kembali ke Bangsal. Dari Bangsal dengan modal sewa sebuah mobil lepas kunci alias nyopir sendiri, saya akan mengawali menjelajah wisata di daratan pulau Lombok. Perjalanan mengarah ke Senggigi dengan tujuan utama Bukit Malimbu dan Batu Bolong. Jalanan sangat mulus dan berkelak-kelok, sebelah kiri pegunungan sedangkan sebelah kanan pantai memanjang…dan sampailah di :
Bukit Malimbu

malimbu1

Malimbu…/bs
malimbu2malimbumemalimbu3

Dari Malimbu lanjut ke Batu Bolong dengan ditandai adanya sebuah Pura, maksud hati hendak mampir ke pantai dan Pura Batu Bolong…nasib menentukan lain. Satu kejadian yang diluar perencanaan….ahh apa mau dikata? Parkir mobil, keluar mobil, tekan lock pintu mobil, jederrr..tutup pintu mobil….Astaghfirullah! kuncinya masih tertinggal di dalam mobil dalam kondisi pintu terkunci. Lah piye iki??
Tapi, Alhamdulillah lokasi masih di sekitar Senggigi yang tidak jauh dari kantor/pemilik mobil, jadi bantuan sudah dekat.
Gara-gara kunci dan karena sudah sore, tidak jadi ke Pura Batu Bolong. Saya langsung ke arah kota Mataram, targetnya kuliner dan mencari penginapan. Hari ke 2 ini berakhir dengan makan malam di ayam Taliwang Irama dan menginap di sekitar jalam Beo, Cakranegara.

Selamat Malam…have a nice dream

Day 3 : Mataram-Pusuk-Senaru
Selalu diawali dengan subuhan, sarapan pagi, check out dan langsung jalan lagi. Hari ini targetnya adalah Monkey Forest, Sendang Gile dan Tiu kelep Waterfall. Ini adalah perjalanan yang cukup jauh sekitar 90 KM one way, dari Mataram ke arah Pamenang (Bangsal lagi) dulu tapi dengan jalur berbeda dengan melewati hutan Pusuk yang lebih dikenal monkey Forest nya Lombok. Tujuan utamanya adalah Masjid Kuno Bayan, air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep di ujung Lombok Utara, sedangkan monkey forest hanyalah mampir saja karena dilewati.
Cukup dengan map saja, dari Mataram arahkan ke tujuan Pamenang/Bangsal. Patokannnya Lampu merah per4an pertemuan jl. Sudirman dan jl. Sucipto mengarah ke Pusuk, trus ikuti saja jalan utama. Jika jalanan sudah nanjak dan meliuk-liuk, kanan-kiri pepohonan hutan, itu tandanya sudah dekat dengan monkey forest. Saya hanya singgah sebentar saja di hutan ini, cukup memotret monyet-monyet yang unyu-unyu…di pinggir jalan.monyet3monyet2monyet1

Dari monkey forest jalanan masih berkelok-kelok menurun bahkan cukup tajam ke arah per4an Pamenang, dari per4an jika lurus ke dermaga Bangsal, ke kiri ke Senggigi, kita ambil ke kanan, Senaru masih kira-kira 60 KM lagi. Jalanan akan datar-datar saja, kita akan disuguhi pemandangan pedesaan, persawahan dan pantai…yang hebatnya, tak ada sedikitpun jalan yang rusak. Setelah sekitar 1.5 jam, sampailah di sebuah per3an yang ada papan pemberitahuan arah obyek wisata. Ke kiri akan menuju ke Masjid Kuno Bayan yang akan saya ceritakan di bagian 3, sedangkan Sendang Gile masih harus terus lurus lagi. Gak terlalu jauh, nanti akan ketemu pos/parkiran obyek wisata air terjun Sendang Gile. Jika anda akan naik Gunung Rinjani, disinilah “Senaru” banyak agen travel yang menawarkan guide/porter/penginapan untuk menuju puncak Rinjani.

gile1
Setelah parkir, beli tiket wisata Sendang Gile dan Tiu Kelep sebesar @Rp. 5000,-, eittt jangan seneng dulu, untuk menikmati indahnya 2 air terjun, masih perlu perjuangan yang cukup berat. Anda harus jalan turun naik tangga yang sebagian sudah mulai rusak, melewati jalan setapak, jembatan sekaligus saluran air, menyebrangi aliran sungai yang sumber airnya ya dari air terjun yang akan kita tuju. Bahkan harus melewati celah batu-batu besar, khususnya air terjun ke 2 yaitu Tiu Kelep….anda harus siap dengan fisik, bener kata guide saya : bisa 1 – 2 jam jalan untuk sampai ke tujuan??giletrackgiletrack3

giletrack4

menuju Tiu kelep…/bs

 

giletrack1

jembatan+saluran air…/bs

Oh..sebagai informasi juga anda bisa jalan sendiri menuju ke air terjun atau bawa orang lokal situ sebagai petunjuk jalan ya… bahkan bisa bawain barang/tas anda. Jika pas kondisi rame, ikutin saja orang-orang lain, tapi kalau sepi saya sarankan bawa guide saja.

 

Sendang Gile waterfall

gile2

gile3

my daughter…./bs

gileme

 

 

Tiu Kelep waterfall

kelep1kelep2kelep3

Saya sangat puas bisa menikamati indahnya dua air terjun hari itu, pas tengah hari saya sudah mulai turun dari Senaru kembali ke arah kota Mataram lagi.
Dalam perjalanan kembali dari Senaru ke arah Pamenang, jangan lupa mampir di Pantai Ketapang? Kulinernya….ikan bakar dan sate ikan! Mantab kaliiiii…

ketapang

pantai ketapang…/bs

Sore-malam hari itu adalah malam terakhir di Lombok, akan saya habiskan dengan wisata kota dan kuliner di Mataram-Cakranegara. Memang sengaja tanpa booking hotel, jadi bisa hunting sambil muter-muter di kota.
Waktu ‘Ashar, sengaja saya mampir di Islamic Center di jl. Udayana….wealahhh ternyata masih dalam tahap pembangunan/finishing. Jadi belum dibuka untuk umum alias belum bisa sholat di masjid yang megah itu.
Hari masih terang, sebelum menuju hotel yang menjadi inceran, saya sempatkan dulu mampir ke Taman Mayura.
Akhirnya hari ke 3 ditutup dengan kuliner K5 dan belanja oleh-oleh di sekitar hotel Ratih, Pejanggik, Mataram.

Day 4 : Mataram-Praya-Pantai Kuta-Pantai Seger-Pantai Aan-Pantai Mawun-Sade-LOP-CGK-Bekasi.

Hari ke 4, tak terasa sudah hari terakhir di Lombok dan petang nanti harus kembali ke kampung Bekasi, ladang tempat mencari nafkah sehari-hari.
Kali ini, saya mengarahkan perjalan ke arah Lombok Tengah. Di sana ada banyak pantai-pantai dan wisata budaya/adat asli Lombok yang terkenal. Inilah enaknya sewa mobil lepas kunci, jadi mau kemana saja dan kapan waktunya…terserah saja. Jalan-Jalan di Lombok sangat mudah, penduduknya sangat ramah. Alamnya begitu indahhhhhhhh.
Dari Pejanggik arahkan ke Praya/bandara, setelah melewati bandara lanjut mengarah ke Pantai yang terkenal yaitu Pantai Kuta, Lombok. Total jaraknya sekitar 75 KM.
Diatara begitu banyak pantai yang mengelilingi pulau Lombok, inilah pantai di Lombok Tengah yang sempat saya kunjungi :

Pantai Kuta

kuta

kuta2

Kuta Lombok…/bs

kuta4

Kuta Lombok…/bs

kuta3

 

 

Pantai Seger

seger3

seger1

Seger Lombok…/bs

seger2

Seger Lombok…/bs

Pantai Aan

aan2

Aan Lombok…/bs

aan1

Aan Lombok…/bs

aan

Aan Lombok…/bs

aan3

kasihan, warga hanya bisa jualan di gubuk…/bs

Pantai Kuta, Seger dan Aan lokasinya tidak terlalu jauh. Tetep perlu kendaraan motor atau mobil, saya tidak melihat adanya cidomo berseliweran di sini, justru bule-bule naik motor dengan menenteng papan surfing yang banyak mondar-mandir di jalanan sekitar pantai.

Pantai Mawun

mawun

Mawun Lombok…/bs

mawun2

mawun3

Mawun Lombok…/bs

Lokasi pantai ini lumayan cukup jauh sekitar 9.5 KM dari pantai Kuta. Kalau dari arah Bandara, ada pertigaan sebelum menuju pantai Kuta (ada sebuah minimarket di pojok), kita ambil ke kiri. Naik-turun bukit dulu dengan pemandangan yang sangat bagus, nanti akan ada papan petunjuknya.

 

mawuntrack

Menuju Mawun…/bs

Ini ada oleh-oleh buat koleksi….hehehe

aanbeach

koleksi pribadi ya…./bs

Saya sengaja nyantaiii menghabiskan waktu di pantai-pantai tersebut dan tinggal 1 tempat wisata lagi yaitu desa Adat Sade yang secara lokasinya dilewati saat nanti menuju Bandar Udara Lombok.

 

Alhamdulillahirobbil’aalamiin. Telah diberikan kesehatan, kelancaran dan keselamatan selama 4 hari 3 malam menikmati wisata di Lombok.

Next : nantikan wisata Kuliner & wisata religi Lombok——————————

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan komentar